Beranda » Tempat Wisata » Megahnya Pura Besakih, Pura Terbesar Yang Berada Di Bali
Megahnya Pura Besakih, Pura Terbesar Di Bali

Megahnya Pura Besakih, Pura Terbesar Di Bali

Nama Besakih berasal dari kata Basuki , bahasa kuno dari bahasa Sanskerta Wasuki , kemudian menjadi Bahasa Jawa Kuno . Selanjutnya Basuki dalam bahasa Sansekerta ini berarti selamat.

Dalam mitologi Samudramanthana disebutkan bahwa Basuki adalah seekor naga yang melilit Gunung Mandara. Penghilangan tersebut berasal dari tradisi megalitik yang diindikasikan harus disucikan tempat.

Tampaknya, Besakih berasal dari zaman yang sangat tua dan jauh sebelum adanya pengaruh Hindu. Setelah itu, seorang raja Bali Purba Sri Kesari Warmadewa menemukan Pura Merajan Selonding di area kompleks pura ini.

Ia pun memerintahkan untuk membangun Monumen Blanjong yang terletak di Desa Sanur. Kompleks Pura Besakih dibangun berdasarkan keseimbangan kosmos.

Hal tersebut didasarkan pada konsepsi alam yang menyebarluaskan kompleks candi dasar yang ditata berdasarkan arah jalan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Mandala adalah titik arah jalan seperti Timur, Selatan, Barat, Utara, serta tengah sebagai titik tengah. Dalam filosofi Hindu, Panca Dewata merupakan manifestasi dari Dewa Siwa.

Selanjutnya Pura Penataran Agung sebagai pusat kompleks Pura Besakih. Halamannya menunjukkan konsep solidaritas antara budaya asli Indonesia.

Kebudayaan tersebut berasal dari zaman megalitik dengan bentuk Punden Berundak-undak yang sejalan dengan konsep Hindu.

Peninggalan purbakala yang ada di kompleks Pura Besakih dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu peninggalan yang berkaitan dengan tradisi megalitik maupun zaman klasik.

Pura Besakih selain sebagai altar umat Hindu di Bali, juga merupakan tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pura Besakih ini juga menjadi salah satu tempat wisata favorit di Karangasem. Ia juga terkenal sebagai Bali Mother Temple.

Lokasi Pura Besakih

Lokasi Pura Besakih berada di daerah dataran tinggi dengan suasana sejuk mengelilinginya serta Gunung Agung sebagai back drop. Sementara itu, kita bisa melihat panorama alam yang indah dari area pura hingga laut dari atas daratan. Suasana sejuk dengan angin sepoi-sepoi dan bangunan unik pura yang tersebar di kompleks pura akan menciptakan suasana damai.

Oleh karena itu, idealnya untuk orang-orang yang ingin bermeditasi. Apalagi Pura Besakih dibuka untuk turis dan merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi di Bali . Dan juga, pura ini terkenal dengan sebutan Pura Induk Bali dan banyak dikunjungi oleh umat Hindu untuk beribadah kepada dewa dan leluhur.

Pura ini sangat mudah ditemukan di Bali yang sebagian besar masyarakatnya sudah mengenalnya khususnya Hindu Bali. Ini adalah sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Bali dengan mobil ke bagian timur Bali serta terletak di Desa Besakih, Rendang – Kabupaten Karangasem.

Letaknya yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi dan bangunan unik pura yang tersebar di komplek pura akan menciptakan suasana damai. Idealnya adalah untuk orang-orang yang melakukan meditasi dan sekarang Pura Besakih dibuka untuk turis dan merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi di Bali .

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.