Beranda » Tempat Wisata » Harga Tiket & Waktu Terbaik Mengunjungi Jatiluwih Tabanan Bali

 

Jatiluwih tabanan bali

Jatiluwih

Jatiluwih merupakan tujuan wisata favorit di Bali yang terkenal dengan keindahan hamparan sawah yang membentang dari kaki gunung hingga pinggir pantai.

Merupakan salah satu tempat wisata di Bali dengan pemandangan yang indah sesuai dengan namanya dari Jati dan luwih, dimana Jati artinya benar-benar dan Luwih yang berarti utama, baik, dan indah atau setara.

Padi lokal yang ditanam di tempat ini terlihat khas dari tanaman berukuran relatif tinggi jika dibandingkan dengan padi unggulan lainnya yang ditanam oleh sebagian besar petani di Bali.

Di samping itu, Jatiluwih juga terkenal dengan sistem pertanian organiknya karena lokasinya yang berada di dataran tinggi Gunung Watukaru yang cocok untuk pengembangan pertanian.

Lokasi Jatiluwih

Jatiluwih adalah salah satu tempat wisata yang ada di daerah Penebel, Tabanan. Jatiluwih terkenal dengan keindahan alamnya dengan persawahan bertingkat yang tertata rapi.

Di tempat ini juga terdapat pemandangan pegunungan yang indah bernama gunung Batukaru, karena letak Jatiluwih ini tepat berada di kaki gunung Batukaru.

Budidaya padi Jatiluwih memiliki luas kurang lebih 636 ha. Dan persawahan Jatiluwih ini berada di ketinggian 700 mdpl.

Kawasan ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang merindukan udara segar pegunungan dan panorama alam sebagai tempat untuk menenangkan pikiran, karena tempat asri yang masih alami dengan udaranya yang segar.

Jatiluwih dikelilingi suasana sejuk karena berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Selain potensi alamnya, Jatiluwih juga menyimpan potensi budaya khususnya sejarah keberadaan Pura Petali yang berkaitan dengan kekuasaan Raja Ida Dalem Waturenggong di Keraton Gelgel (1460 – 1552).

Waktu & Bulan Terbaik Mengunjungi Jatiluwih

Untuk mengunjungi Sawah Terasering Jatiluwih disarankan antara jam 08.00 sampai sore sekitar jam 17.00, karena di antara jam-jam tersebut aktivitas petani akan banyak dijumpai.

Karena curah hujan yang tinggi di wilayah Jatiluwih, disarankan untuk selalu membawa payung atau jas hujan, atau memantau cuaca sehari sebelumnya untuk mengetahui hari yang cerah dan cerah di Jatiluwih.

Untuk menikmati pemandangan alam Jatiluwih secara maksimal, Anda bisa berkunjung sepanjang  bulan Februari hingga April , karena pada bulan-bulan ini batang padi mulai tumbuh dan Anda akan bisa menyaksikan hamparan hamparan sawah terasering berwarna hijau-kuning.

Selama  bulan Juni – Juli  (disebut Sasih Sada), Anda akan dapat melihat para petani memanen tanaman mereka di lokasi.

Baca Juga :

Sesuatu yang dilakukan mantan Presiden Amerika Serikat,  Barack Obama , yang pernah mengunjungi Jatiluwih pada Juni 2017 lalu, ikut melakukan kunjungannya.

Untuk jarak tempuh Perjalanan dari kota Denpasar ke Jatiluwih sekitar 48 km dan terletak di bagian utara kota Tabanan (28 Km).

Jalan menuju tempat ini semakin ditingkatkan sehingga kendaraan bermotor bisa masuk dari sisi timur melalui Desa Pacung dan menuju ke Jatiluwih serta dari sisi barat dari Pura Watukaru hingga ke Jatiluwih.

Jatiluwih banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri yang ingin menikmati suasana sejuk dan indahnya panorama persawahan.

Jatiluwih sebagai tujuan wisata alam di Bali yang sudah diakui sejak penjajahan Belanda membangun Markas Keamanan dan hingga saat ini penduduk lokalnya melahirkan dengan Tangs Belanda.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan Jatiluwih menjadi Desa Tujuan Wisata karena potensi tersebut. Jatiluwih juga menyimpan atraksi upacara keagamaan unik yang terkenal dengan nama Patirtaan di Pura Petali pada hari Rabu Kliwon Ugu (Berdasarkan Kalender Bali).

Penduduk setempat percaya bahwa Candi Petali adalah pusat pemujaan The Hyang Widhi Wasa (Dewa) sebagai tenaga pertanian. Selain Pura Petali, ada juga Pura Pucak Rsi yang berada di kawasan ini.

Tiket Masuk Sawah Jatiluwih

Katakanlah Jika Anda ingin memesan paket tour bali dan pada itinerary ada jadwal mengunjungi persawahan Jatiluwih. Biasanya tiket masuk sudah termasuk dalam paket wisata Bali Anda.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan jasa paket wisata di Bali dan ingin mengunjungi persawahan Jatiluwih dengan transportasi Anda, Anda harus membayar tiket masuk Jatiluwih sebesar Rp40.000 / orang. Untuk Warga Negara Indonesia, biaya masuk Jatiluwih adalah Rp 15.000 / orang.

Fasilitas 

Sebagai obyek wisata, Jatiluwih menyediakan fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, bale peristirahatan dan wantilan bagi wisatawan yang sedang menikmati panorama yang indah. Beberapa restoran telah dibangun untuk menyajikan makanan dan minuman.

Dari Teras Sawah Jatiluwih wisatawan juga bisa mengunjungi pemandian air panas angsri, karena jarak dari pemandian air panas angsri Jatiluwih begitu dekat. Meski lokasi tempat wisata ini sangat terisolir, dengan jalanan yang berkelok-kelok, namun banyak kawasan wisata yang bisa kita nikmati di sana.

Untuk perjalanan menuju kawasan ini juga tidak membosankan, karena kita menyusuri pemandangan sungai yang indah di sepanjang jalan yang di dalamnya terdapat hamparan persawahan yang luas, serta pepohonan rindang yang berjejer sepanjang perjalanan menuju Jatiluwih.

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata yang dipenuhi dengan hamparan persawahan hijau yang terhampar keindahan dan tradisinya sehingga Jatiluwih menjadi daerah yang harus anda kunjungi, saya yakin anda akan merasa takjub dengan pemandangan yang ada di depan anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.